Membuat Desain untuk Iklan
Apa itu Desain Iklan?
Desain periklanan adalah proses menciptakan dan menata elemen visual, tipografi, dan pesan merek untuk mengomunikasikan gagasan yang persuasif tentang suatu produk atau layanan. Desain periklanan merupakan cabang desain grafis yang berfokus pada penciptaan pengalaman visual yang beresonansi, menginformasikan, dan pada akhirnya mendorong perilaku yang diinginkan dari target audiens.
Berikut, Tahapan dalam Membuat Desain Iklan :
1. Brainstorming
Brainstorming adalah teknik yang umum digunakan dalam desain yang mendorong aliran ide yang bebas, mendorong kolaborasi, dan merangsang kreativitas. Dalam hal ini, saya membuat desain didasari oleh rule of thirds dan golden ratio, sehingga pembagian isi dalam desain tersebut lebih presisi
2. Membuat Sketsa
Seperti yang saya katakan sebelumnya, sketsa saya didasari oleh rule of thirds dan golden ratio.
Berikut ini contohnya :
Setelah melakukan 2 langkah di awal, selanjutnya kita harus memvisualkan desain yang ingin kita buat.
Dalam memvisualkan sketsa, kita perlu memakai aplikasi editing seperti Canva, Adobe Photoshop, Picsart, dan masih banyak aplikasi lainnya. Setelah itu kita perlu color palette, font, objek utama dalam desain pengiklanan. Memilih color palette harus seirama dengan objek agar warnanya tidak bertabrakan. Font juga merupakan elemen penting karena font itu sebagai penyampai pesan dari iklan tersebut. Untuk desain saya, saya memakai Color Palette : #7D5B3F, #B09E80, #938563 dan Font : Horizon, Canva Student Font, Montserrat.
Hasil
Tags:
Digital Marketing
